Tes Ekokardiografi (USG Jantung)

Echocardiography tes heart ultrasound

Tes Ekokardiografi atau USG jantung, atau yang lebih sering disingkat dengan sebutan Echo, merupakan suatu pemeriksaan yang memberikan gambaran jantung Anda yang sedang berdenyut dan dapat merekam gambar dengan sempurna, yang dapat membantu Dokter Anda dalam mengevaluasi kesehatan jantung Anda. Tipe USG jantung yang paling sering digunakan adalah jenis non-invasif, dan sangat mudah dilakukan pada pasien.

Pemeriksaan ini akan dilakukan oleh Dokter Ahli yang telah mendapatkan pelatihan khusus, dengan menggunakan gel untuk menggerakkan alat yang menyerupai mikrofon yang dinamakan transducer pada daerah dada. Hal ini memungkinkan Dokter Anda melihat tampilan jantung Anda beserta katupnya secara live.

USG jantung menggunakan teknologi yang sama seperti melihat janin didalam perut ibu. Tidak ada radiasi yang terjadi pada pemeriksaan USG jantung, sehingga teknologi ini dapat digunakan pada semua orang dari segala usia.

 

Kapan Saya membutuhkan Echo?

Anda membutuhkan tes ini apabila Anda mengalami nyeri dada atau lengan atas yang tidak diketahui penyebabnya, murmur jantung, serangan jantung, kelainan jantung, dan/atau riwayat penyakit jantung sebelumnya, meskipun masih banyak alasan yang memungkinkan Dokter Anda untuk melakukan evaluasi kesehatan jantung.

 

Apa yang dimaksud dengan USG jantung (transthoracic echocardiogram/TTE; echocardiogram/echo)?

Tes Ekokardiografi atau USG jantung merupakan suatu alat penting untuk mengevaluasi struktur dan fungsi dari jantung dan pembuluh darah yang terkait. Tes ini cepat, mudah, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Evaluasi ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk menghasilkan gambar jantung Anda. Di Amerika Utara, tes ini dilakukan oleh sonografer, yaitu Ahli Khusus yang sudah terlatih, untuk kemudian diinterpretasi hasilnya oleh kardiolog yang terlatih dalam membaca USG jantung. Namun di Divisi Kardiologi RSCM, pemeriksaan ini dilakukan dan hasilnya akan diinterpretasi oleh Dokter Ahli Jantung (internis-kardiolog). USG jantung membantu Dokter Anda untuk mengevaluasi kesehatan jantung Anda dengan gambar yang bergerak. USG jantung menggunakan teknologi yang sama seperti melihat janin didalam perut ibu.

 

Kenapa Dokter Saya meminta Saya melakukan USG jantung?

Ada banyak alasan bagi Dokter Anda untuk meminta Anda melakukan USG jantung. Dokter dapat menggunakan tes ini untuk mengevaluasi performa jantung Anda sekaligus struktur jantung Anda, seperti ruang serambi dan atrium, dan juga katup-katupnya.  Terkadang Echo juga digunakan untuk mencari penyebab bunyi tambahan pada jantung (murmur), untuk memeriksa ukuran ruang jantung, memeriksa cairan di sekitar jantung, atau untuk melihat kemampuan otot jantung Anda dalam memompa darah apabila Anda memiliki gejala napas pendek atau beberapa gejala saat berolahraga.

 

Persiapan apa yang harus Saya lakukan sebelum pemeriksaan?

Tidak ada persiapan khusus yang dibutuhkan untuk USG jantung. Anda sebaiknya datang setelah makan atau minum seperti biasanya. Apabila Anda mengkonsumsi obat-obatan rutin, Anda sebaiknya melanjutkan untuk meminumnya seperti biasa, kecuali apabila Dokter Anda memberikan instruksi khusus. Anda akan berada didalam lab ekokardiografi sekitar 45 menit hingga 1 jam.

 

Apa yang harus Saya harapkan?

Saat tiba di lab, petugas akan menyapa Anda dengan ramah. Petugas akan menanyakan beberapa informasi mengenai Anda dan meminta Anda untuk mendaftar ke bagian pendaftaran. Petugas juga akan meminta resep obat ataupun surat pengantar dari Dokter Anda.

Anda akan dibawa menuju ruang echo. Ruangan ini memiliki pencahayaan minimal dan dilengkapi dengan ranjang pemeriksaan dan sebuah mesin echo. Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan oleh Dokter yang akan memeriksa untuk mengetahui alasan Anda menjalani tes ini, apakah Anda telah menjalani tes ini sebelumnya, dan apakah Anda pernah menjalani operasi jantung terbuka. Biasanya Anda akan mendapat penjelasan singkat mengenai prosedur yang akan Anda jalani.

Anda akan diminta untuk melepaskan pakaian bagian atas, dan bagi wanita akan diminta untuk mengenakan gaun khusus selama pemeriksaan. Apabila Anda membutuhkan bantuan, maka petugas akan membantu Anda naik ke ranjang pemeriksaan, dimana Anda akan diminta untuk berbaring ke sisi kiri. Petugas akan menempelkan sadapan EKG dengan perekat sederhana.

Lampu akan dimatikan sebagian agar Dokter pemeriksa dapat melihat monitor dengan jelas.

Dokter akan menggunakan gel untuk menggerakkan alat yang menyerupai mikrofon yang dinamakan transducer pada daerah dada. Hal ini memungkinkan Dokter Ahli melihat tampilan jantung Anda beserta katupnya secara live.

Selanjutnya, Dokter pemeriksa akan mulai untuk mengambil gambar USG dan merekam suara secara sistematis dan menggerakkan transducer sekitar daerah dada, perut, dan leher. Dokter akan melihat gambarannya melalui monitor dan mengambil berbagai macam rekaman pada beberapa lokasi berbeda.

Selama direkam, Anda mungkin akan diminta untuk mengubah posisi dan menahan napas untuk beberapa saat. Variasi posisi dan napas ini memungkinkan Dokter pemeriksa untuk mengambil gambar yang lebih baik. Dokter akan menekan transducer diatas kulit Anda, dan tekanan ini dilakukan untuk memfasilitasi transmisi gelombang ultrasonik. Apabila Anda merasa tidak nyaman, jangan ragu untuk mengatakannya pada Dokter Anda.

Sebaiknya Anda berusaha untuk tetap tenang selama pemeriksaan. Pemeriksaan ini memakan waktu 30-45 menit. Seringkali Dokter pemeriksa akan menganalisa hasil gambar yang diambil dengan supervisor atau Dokter yang lebih senior selama Anda masih berada di dalam ruangan. Anda tidak perlu merasa kuatir, teknik untuk mengambil gambar jantung tidak selalu mudah dan terkadang Dokter perlu meminta saran kepada Dokter yang lebih senior terutama untuk mengambil gambar yang bagus.

Gambar dan suara pemeriksaan akan direkam di dalam komputer dan/atau videotape untuk dievaluasi lebih lanjut.

 

Apa yang akan Saya lihat dan dengar saat pemeriksaan USG jantung Saya?

Gelombang ultrasonik yang digunakan selama pemeriksaan echo tidak dapat didengar oleh telinga manusia, sehingga Anda tidak akan mendengar suara apapun. Struktur anatomi jantung ditampilkan “real-time” dan tampak sebagai obyek putih yang bergerak di layar. Sebagai contoh, katup jantung akan tampak sebagai struktur seperti kelopak putih yang sedang bergerak. Daerah sekitar jantung yang terisi cairan atau darah akan tampak berwarna hitam di layar.

Selama pemeriksaan, Anda akan memperhatikan Dokter Anda menempatkan tanda pada layar dengan pengukur/kaliper kecil. Dokter Anda akan menggunakan kaliper untuk melakukan berbagai pengukuran struktur anatomi, fungsi, dan aliran darah jantung Anda.

Pemeriksaan echo biasanya akan disertai dengan rekaman gerakan atau aliran darah di dalam jantung dengan Doppler. Saat aliran warna Doppler digunakan, maka akan muncul warna-warna berbeda yang bergerak di dalam gambar hitam dan putih pada layar. Perbedaan warna pada layar menggambarkan perbedaan kecepatan dan arah dari aliran darah di jantung.

Pemeriksaan Doppler juga seringkali termasuk sinyal audio dari aliran darah. Sinyal audio ini dapat didengar dan dilihat. Selama rekaman audio Doppler berlangsung, Anda akan mendengar suara darah bergerak melewati jantung dan suara katup jantung Anda sedang membuka dan menutup. Sinyal audio ini ditampilkan sebagai grafik pada layar. Rekaman grafik ini membantu Dokter Anda untuk menentukan fungsi katup dan tekanan jantung Anda.

 

Apa yang akan terjadi saat pemeriksaan telah selesai?

Setelah selesai merekam gambar, perawat akan melepaskan sadapan EKG pada dada Anda, membersihkan gel yang ada pada kulit Anda, membantu Anda bangkit dari meja pemeriksaan, dan memandu Anda keluar dari kamar pemeriksaan.

Gambaran USG dan rekaman Doppler akan dibaca oleh Dokter Anda yang telah mendapat pelatihan khusus. Dokter Anda akan menginterpretasikan hasilnya melalui laporan tertulis. Hasilnya akan Anda dapatkan dalam waktu satu atau dua hari.

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430