Kateterisasi Jantung

cardiac catheterization
Kateterisasi jantung adalah suatu tindakan untuk menegakkan diagnosis dan mengobati beberapa kondisi jantung beserta pembuluh darah. Selama kateterisasi jantung, pipa tipis berukuran panjang yang dinamakan kateter dimasukkan ke dalam pembuluh vena atau arteri yang ada di lipat paha, leher, atau lengan Anda dan kemudian diputar melalui pembuluh darah Anda untuk sampai ke jantung. Dengan menggunakan kateter ini, Dokter kemudian dapat melakukan pemeriksaan diagnostik sebagai bagian dari kateterisasi jantung. Beberapa terapi penyakit jantung seperti angioplasti koroner, juga dilakukan saat proses kateterisasi jantung.

Pada umumnya, Anda akan tetap sadar selama kateterisasi jantung, akan tetapi Anda akan diberi obat untuk membuat Anda supaya tetap rileks. Proses penyembuhan kateterisasi jantung cukup cepat, dan memiliki risiko efek samping rendah.

 

Kenapa perlu dilakukan?

Kateterisasi jantung perlu dilakukan untuk melihat apakah Anda memiliki masalah pada jantung, atau merupakan bagian dari suatu tindakan untuk mengoreksi masalah jantung Anda yang telah diketahui oleh Dokter Kami.

Apabila Anda melakukan kateterisasi jantung sebagai bagian dari pemeriksaan penyakit jantung, Dokter Kami dapat:

·       Menentukan lokasi penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah Anda yang dapat menyebabkan keluhan nyeri dada (angiogram)

·       Mengetahui jumlah oksigen di dalam jantung Anda (penilaian hemodinamik)

·       Memeriksa tekanan di dalam jantung Anda

·       Mengambil sampel jaringan dari jantung Anda (biopsi)

·       Mendiagnosis adanya kelainan/defek jantung yang ada sejak lahir (kelainan jantung bawaan)

·       Melihat apakah ada masalah dengan katup jantung Anda

 

Kateterisasi jantung juga dapat digunakan sebagai bagian dari beberapa tindakan untuk mengobati penyakit jantung, antara lain:

·       Angioplasti dengan atau tanpa pemasangan stent. Angioplasti melibatkan pemasangan balon kecil sementara pada tempat penyumbatan di jantung Anda untuk membantu membuka pembuluh darah yang menyempit. Angioplasti biasanya dikombinasikan dengan pemasangan gulungan (coil) metal kecil yang dinamakan stent pada arteri yang tersumbat untuk membantu membuka dan menurunkan kemungkinan terjadinya penyempitan kembali (restenosis).

·       Penutupan lubang pada jantung Anda. Beberapa kelainan jantung bawaan melibatkan lubang pada jantung yang dapat ditutup dengan menjahit kateter pada lubang tersebut untuk menutupnya, daripada melakukan operasi dada terbuka.

·       Memperbaiki atau mengganti katup jantung yang bocor. Melalui kateterisasi jantung, Dokter dapat memperbaiki atau mengganti katup jantung yang bocor ataupun sempit. Terkadang Dokter Kami akan menggunakan kateterisasi untuk memperbaiki katup pengganti yang bocor.

·       Balloon valvuloplasty. Tindakan ini dapat membuka katup jantung yang sempit dengan menjahit kateter dengan ujung berbalon pada bagian katup jantung Anda yang sempit dan kemudian memperluasnya.

·       Pengobatan aritmia jantung (ablasi). Ablasi merupakan suatu tindakan yang membuat bekas luka pada jaringan jantung Anda untuk membalikkan jalur sinyal elektrik yang membuat jantung Anda berdetak. Energi radiofrekuensi (panas), laser atau oksida nitrat (sangat dingin) dapat diberikan melalui ujung kateter pada jaringan yang tidak normal.  Energi ini menghancurkan (mengablasi) jaringan jantung yang tidak normal, yang dapat menyebabkan gangguan ritme jantung.

·       Pengobatan sumbatan darah (trombektomi). Dalam tindakan ini, Dokter Kami akan memasukkan kateter ke dalam pembuluh arteri dan membawanya ke sumbatan darah di dalam pembuluh darah. Kateter ditempelkan untuk melepaskan sumbatan darah.

 

Risiko

Seperti sebagian besar tindakan yang dilakukan pada jantung dan pembuluh darah Anda, kateterisasi jantung memiliki beberapa risiko. Komplikasi mayor sangat jarang terjadi.

Risiko kateterisasi jantung antara lain:

·       Memar/kebiruan

·       Perdarahan

·       Serangan jantung

·       Stroke

·       Kerusakan pada arteri dimana kateter dimasukkan yang membutuhkan perhatian medis khusus (pseudoaneurisma)

·       Ritme jantung yang tidak teratur (aritmia)

·       Reaksi alergi terhadap obat atau zat pewarna

·       Robekan jaringan jantung atau arteri Anda

·       Kerusakan ginjal

·       Infeksi

·       Bekuan darah

 

Apabila Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, beritahukan Dokter Kami sebelum melakukan kateterisasi jantung.

 

Persiapan

Kateterisasi jantung biasanya dilakukan di rumah sakit. Pemeriksaan ini memerlukan beberapa persiapan. Untuk mempersiapkannya, berikut adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan:

  • Jangan makan atau minum apapun selama 8-12 jam sebelum dilakukan pemeriksaan, atau sesuai anjuran Dokter Kami. Makan dan minum dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi dari anestesi/obat bius. Tanyakan Dokter Kami atau perawat apabila Anda perlu meminum obat dengan air minum. Apabila Anda menderita diabetes, tanyakan pada Dokter mengenai obat diabetes dan insulin untuk Anda. Biasanya Anda dapat langsung makan dan minum segera setelah pemeriksaan.
  • Bawa semua obat dan suplemen yang Anda minum saat pemeriksaan. Ada baiknya bila Anda membawa kemasan/botol asli sehingga Dokter Kami dapat mengetahui dosis yang Anda minum dengan tepat.
  • Cobalah untuk rileks. Merasa cemas atau gelisah merupakan hal yang umum bagi orang yang akan menjalani kateterisasi jantung. Anda akan diberikan obat supaya bisa rileks. Sangat memungkinkan bahwa dalam pemeriksaan akan ditemukan bahwa Anda memerlukan tindakan seperti angioplasti segera, atau Anda dapat menderita efek samping obat yang diberikan saat kateterisasi berlangsung. Rasa cemas dapat menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya atau bahkan tidak teratur yang dapat menimbulkan komplikasi.
  • Saat Anda bersiap untuk kateterisasi, perawat akan mengukur tekanan darah dan nadi Anda. Anda juga akan diminta untuk menggunakan toilet untuk mengosongkan kandung kemih Anda. Anda akan diminta untuk melepaskan gigi palsu, perhiasan, terutama kalung, yang dapat mengganggu pencitraan jantung Anda. Anda akan menunggu di ruangan khusus sampai tiba waktunya dilakukan tindakan – Anda boleh meminta seseorang untuk menunggu bersama Anda pada saat ini.

 

Apa yang dapat saya harapkan?

Selama tindakan berlangsung

Kateterisasi jantung dilakukan di dalam ruang operasi khusus yang dinamakan lab kateterisasi. Lab kateterisasi ini memiliki sinar X dan mesin pencitraan khusus yang tidak dimiliki oleh ruang operasi biasa.

 

 

Kateterisasi jantung biasanya dilakukan saat Anda masih terjaga, namun dalam pengaruh obat bius. Sebuah akses intravena akan dimasukkan ke dalam tangan atau lengan Anda, dan akan digunakan untuk memberikan Anda obat tambahan yang diperlukan selama tindakan berlangsung. Dada Anda juga akan ditempelkan sadapan/elektroda untuk memeriksa detak jantung Anda selama tindakan berlangsung.

Sesaat sebelum tindakan berlangsung, seorang perawat atau teknisi akan mencukur rambut pada tempat dimana kateter akan dimasukkan. Sebelum kateter dimasukkan ke dalam pembuluh arteri Anda, Anda akan diberikan suntikan obat bius agar Anda tidak merasa sakit. Anda dapat merasakan nyeri seperti digigit semut sesaat sebelum terasa baal.

Setelah Anda merasa baal, kateter akan dimasukkan. Akan dibuat suatu sayatan kecil, biasanya di kaki Anda, untuk akses arteri. Sebuah selubung plastik akan dimasukkan melalui sayatan kecil tersebut agar Dokter Kami dapat memasukkan kateter.

Apa yang terjadi selanjutnya tergantung dari kondisi yang Anda miliki saat kateterisasi jantung:

  • Angiogram koroner. Apabila Anda melakukan tes ini untuk memeriksa sumbatan arteri jantung Anda, zat warna akan disuntikkan melalui kateter dan pencitraan arteri jantung Anda akan diambil dengan sinar X. Dalam angiogram koroner, kateter biasanya ditempatkan dalam arteri di lipat paha atau pergelangan tangan Anda.
  • Kateterisasi jantung kanan. Tindakan ini memeriksa tekanan dan aliran darah bagian kanan dari jantung Anda. Untuk tindakan ini, kateter dimasukkan melalui arteri di leher atau lipat paha Anda. Kateter ini memiliki sensor khusus untuk mengukur tekanan dan aliran darah di dalam jantung Anda.
  • Biopsi jantung. Apabila Dokter Kami ingin mengambil sampel jaringan dari jantung Anda (biopsi), maka kateter biasanya akan ditempatkan di arteri leher Anda. Kateter berukuran kecil, dengan ujung seperti rahang (jaw-like tip) digunakan untuk memotong sampel kecil jaringan dari jantung Anda. Anda akan merasakan tekanan saat kateter digunakan, namun Anda tidak akan merasakan jaringan tersebut dipotong.
  • Angioplasti Balloon dengan atau tanpa pemasangan stent. Tindakan ini digunakan untuk membuka arteri yang sempit di dalam atau di dekat jantung Anda. Kateter akan dimasukkan melalui arteri pada lipat paha Anda. Sebuah kateter fleksibel, panjang akan dijahit melalui arteri Anda ke arteri yang sempit. Kemudian, sebuah kateter balon lebih kecil akan memandu melalui kateter yang fleksibel dan mengembang pada area yang sempit untuk membukanya. Dalam banyak kasus, Dokter Kami akan menempatkan sebuah gulungan mesh (mesh coil) yang dinamakan stent pada porsi yang sempit untuk membantu arteri tetap terbuka.
  • Memperbaiki kelainan jantung. Apabila Dokter Kami menutup lubang pada jantung Anda, seperti kelainan septum atrium atau patensi foramen ovale, kateter Anda mungkin akan dimasukkan ke dalam kedua arteri dan vena pada lipat paha dan leher. Sebuah alat akan dimasukkan ke dalam jantung Anda untuk menutup lubang tersebut.
  • Balloon valvuloplasty. Tindakan ini dilakukan untuk membuka katup jantung yang sempit. Pemasangan kateter Anda akan bergantung pada masalah katup yang Anda punya. Sebuah kateter akan dijahit sepanjang katup. Kemudian balon akan dikembangkan untuk membuat katup terbuka dengan lebih mudah. Anda mungkin akan merasakan tekanan saat kateter dimasukkan ke dalam tubuh Anda, namun Anda akan merasa nyaman dari pengobatan balon ini.
  • Penggantian katup. Tindakan ini hampir sama dengan ballon valvuloplasty, kecuali katup buatan akan dipasang pada jantung Anda untuk menggantikan katup yang sempit atau bocor.
  • Meskipun Anda akan dibius, Anda akan tetap terjaga selama tindakan agar Anda dapat mengikuti instruksi. Selama tindakan, Anda mungkin akan diminta untuk mengambil napas dalam, menahan napas, batuk atau menempatkan tangan Anda pada berbagai posisi. Meja pemeriksaan Anda juga dapat dimiringkan sewaktu-waktu.

Penjahitan kateter seharusnya tidak memberikan rasa nyeri, dan Anda tidak akan merasakannya bergerak di dalam tubuh Anda. Beritahukan kepada tim medis apabila Anda merasakan ketidaknyamanan.

 

Setelah tindakan

Biasanya tindakan ini memakan waktu beberapa jam untuk pemulihan. Setelah tindakan Anda selesai, Anda akan dibawa dengan brankard ke ruang pemulihan sambil menunggu efek biusnya menghilang. Hal ini biasanya memakan waktu satu jam. Lapisan plastik yang dimasukkan melalui lipat paha, leher atau lengan Anda akan segera dilepaskan segera setelah tindakan selesai, kecuali apabila Anda memerlukan terapi pengencer darah.

Setelah Anda meninggalkan ruang pemulihan, Anda akan dibawa ke ruang perawatan. Setelah kateter Anda dilepas, teknisi atau perawat akan memberikan tekanan pada tempat pemasangan lapisan plastik tadi. Anda akan diminta berbaring lurus terlentang selama 1-6 jam setelah tindakan untuk menghindari perdarahan serius dan membantu pemulihan arteri.

Anda dapat makan dan minum setelah tindakan selesai. Lamanya Anda berada di rumah sakit sangat bergantung pada kondisi Anda. Anda dapat langsung pulang pada hari yang sama, atau dirawat selama satu malam atau lebih lama. Rawat inap yang lebih lama merupakan hal yang umum terutama apabila Anda mengalami kondisi serius segera setelah tindakan, seperti angioplasti dan pemasangan stent.

 

Hasil

Apabila Anda melakukan kateterisasi jantung sebagai suatu pemeriksaan, Dokter Kami akan menjelaskan hasilnya kepada Anda. Hasil Anda akan menunjukkan apakah Anda membutuhkan operasi atau pengobatan lain untuk mengoreksi masalah jantung Anda.

Apabila Anda mendapat angiogram koroner, hasilnya dapat memberitahukan apakah Anda membutuhkan angioplasti atau stent, atau operasi yang lebih besar yang dinamakan operasi bypass koroner. Pada beberapa kasus, angiogram Anda dapat menunjukkan apakah angioplasti dapat menjadi terapi efektif untuk membuka arteri yang menyempit. Apabila Dokter Kami menemukan hal ini, maka Dokter Kami dapat melakukan tindakan angioplasti dengan atau tanpa pemasangan stent secepatnya agar Anda tidak perlu melakukan kateterisasi jantung lagi. Dokter Kami akan mendiskusikan apakah ada kemungkinan hal ini sebelum tindakan dimulai.

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430