PJT RSCM 13 Tahun Melayani, Menuju Pelayanan Paripurna PJT 2020

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

http://img.wartakesehatan.com/content/.thumb/2016-10/01/ibrahim/large-dsc_2624eka.jpg

Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) telah melayani masyarakat selama 13 tahun lamanya. PJT secara resmi dibuka pada tanggal 17 September 2003 oleh Direktur Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan R.I . Berdirinya PJT dilatarbelakangi oleh kepedulian RSCM sebagai rumah sakit rujukan nasional untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam pelayanan kardiovaskular yang pada saat itu hanya baru ada 1 pusat pelayanan jantung di Indonesia.

PJT menganut konsep “keterpaduan” (One Stop Services) yang pada masa awal berdirinya merupakan perpaduan dari 4 departemen/ divisi di RSCM yaitu Departemen Anestesiologi Divisi Kardiak Anestesi, Departemen Penyakit Dalam Divisi Kardiologi Dewasa, Departemen Ilmu Kesehatan Anak Divisi Kardiologi Anak dan Departemen Bedah Divisi Bedah Toraks Kardiovaskular. Saat ini telah mengalami perkembangan sehingga melibatkan banyak departemen/ divisi lain di RSCM. Dalam pengabdiannya selama ini telah melayani keperluan masyarakat di Indonesia yang mengalami penyakit jantung dan permasalahan terkini. Tentunya perkembangan teknologi kedokteran dan didukung sumber daya manusianya, PJT RSCM telah merealisasikannya dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Disamping itu penanganan promotif dan preventif akan lebih diutamakan dalam upaya menuju Indonesia sehat.

“Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia atau world heart day sekaligus memperingati ulang tahun ke 13 Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) RSUP dr. Cipto Mangun Kusumo. PJT adalah unit integrasi melayani jantung secara holistik didukung oleh RSCM sebagai Rumah Sakit Nasional. Dalam tahun ini peringatan hari jantung juga dilakukan diseluruh dunia.Sesuai dengan tema perayaan di seluruh dunia yaitu Power Your Life. Maka kita perlu mengoptimalkan jantung sehat dengan menjaga faktor resikonya. Kita kampanyekan,perlunya menjaga atau mengontrol faktor penyebabnya diantaranya pertama dengan mengontrol diabetes, kedua mengontrol darah tinggi dan ketiga mengontrol kolesterol. Perlunya dikampanyekan agar jantung sehat, mencegah jantung koroner, kematian mendadak maupun gagal ginjal ,” ucap dr. Eka Ginanjar, SpPD-KKV,FINASIM,FACP,FICA kepada wartakesehatan setelah menyampaikan materi Kendali, cegah faktor resiko jantung koroner dalam rangkaian kegiatan HUT Ke 13 PJT RSCM di Gedung A RSCM Jakarta, Indonesia, Sabtu (01/10/2016).

Kepala Unit Pelayanan Jantung Terpadu RSCM ini menuturkan, “ Menjaga jantung tidak hanya dengan mengontrol ketiga masalah tersebut. Namun faktor yang lain juga dapat menjadi resiko terjadinya penyakit jantung diantarnya kurang teratur dalam berolah raga, kegemukan, kurang gerak, kehidupan stress termasuk juga merokok. Perlunya menjaga dari faktor resiko supaya jantung lebih kuat dan hidup lebih bermakna. Tentunya yang terpenting dan utama lebih baik mencegah dari pada mengobati, “ ungkapnya.

http://wartakesehatan.com/uploads/content/2016-10/01/ibrahim/DSC_2739%20pembicara.jpg

Rangkaian kegiatan ini HUT13 PJT RSCM dengan motto ”13 Tahun Melayani, Menuju PJT 2020” menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam seminar Masalah Penyakit Jantung Anak dengan tema Penyakit Jantung Bawaan disampaikan oleh Prof.Dr.dr. Mulyadi M. Djer, Sp.A (K) dan dr. Piprim Basarah Januarso, Sp.A (K). Acara seminar untuk masyarakat awam dipandu oleh Ns. Dedi Muhtadin, S.Kep sebagai moderator sekaligus menjadi Ketua Pelaksana HUT PJT RSCM ke 13.

Sementara pada seminar awam yang berkaitan dengan materi Masalah jantung orang dewasa, selain menghadirkan pembicara dr. Eka Ginanjar. Panitia menghadirkan dr. Muhammad Arza Putra, Sp.B, Sp.BTKV menyampaikan materi Pembedahan / CABG pada penyakit jantung koroner. Sedangkan materi Rehabilitasi medik cegah serangan jantung berulang disampaikan dr. Ibrahim Agung, Spesialis Rehabilitasi Medik. Acara dipandu oleh Ns. Wiwi Daningsih, S.Kep sebagai moderator.

Sumber: Wartakota

Topics:

Posted: October 4, 2016 at 7:27 pm

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430