Nyeri Dada Karena Merokok

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Siang dok.. saya ingin bertanya. Saya mempunyai pasangan. Baru-baru ini dia cerita kepada saya bahwa dia ada masalah pada jantungnya. Sudah lebih 6 bulan dia sakitnya. Usia dia sekarang masih 19 tahun dok. Dulu dia seorang perokok dok. Tetapi sekarang sudah berhenti. Katanya dia sering nyeri pada dadanya dan seperti tertusuk-tusuk benda tajam di bagian dada sampai punggungnya. Jantungnya sering berdebar-debar maski tidak melakukan apa-apa. Dia juga sering pusing, kadang juga mimisan. Mudah lelah. Apakah benar itu gejala serangan jantung dok? Tolong penjelasannya dok. Bagaimana cara mengatasi supaya penyakit itu tidak kambuh lagi? Terimakasih dok.

Oleh
hylda
2016-06-01 @ 1:44:11 PM

Untuk Mbak Hylda
Gejala yang dialami pasangan anda mungkin saja akibat penyakit jantung, Namun bisa juga penyakit bukan jantung lain. Yang perlu dipastikan pakah pasangan anda memiliki faktor risiko penyakit jantung lain atau tidak, Seperti Penyakit Darah Tinggi, Kencing manis atau penyakit gangguan metabolisme kolesterol. Jika ada maka masih mungkin keluhan yang dialaminya adalah akibat penyakit jantung, tentu jika keluhan tersebut terjadi setelah melakukan aktifitas seperti berolah raga atau melakukan pekerjaan yang berat yang membaik setelah beristirahat.

Jika keluhan terjadi justru saat beristirahat maka penyakit yang diderita bisa gangguan pada lambung atau sistem pencernaan. Biasa dikenal dengan penyakit Maag atau Dispepsia. Keluhan yang diderita memang mirip dengan nyeri dada akibat sakit jantung. Sakit yang dirasakan seperti keluhan pasangan anda. Bisa juga diiringi dengan rasa kembung. Mengenai berdebar-debar bisa disebabkan oleh rasa cemas atau akibat kekurangan gula darah. Tentang Pusing dan mimisan maka tentu butuh pemeriksaan lanjutan dengan menemui dokter terdekat untuk memastikan akibat apa?.

Karena usia masih muda dan mungkin tak terlalu gemuk maka saran kami adalah menemui dokter terdekat untuk konfirmasi penyakit yang diderita. Demikian penjelasan kami semoga bermanfaat.

dr. Ika Prasetya Wijaya, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, FICA

Topics: ,

Posted: July 19, 2016 at 6:35 am

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430