Sesak Nafas Setelah Beraktivitas

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Pagi Dok saya Punya Penyakit Kalau Jalan Sedikit jauh atau Lelah Dada Kiri Atas saya sakit , Jantung Bedebar Sesak Nafas Demikian Juga Kalau Lengan Kiri saya Ditekan , Lengan Kiri Antara Siku dan Lengan ditekan Maka Akan sakit juga
Berdebar dan sesak Nafas , Saya Sudah Berkonsultasi Ke dokter ahli Jantung selama 4 Tahun Dan tidak ada perubahan , Menurut dokter Saya Tida menderita Penyakit Jantung dan Tidak Tau entah penyakit apa yang saya derita , Mohon Kiranya dokter dapat memberikan penjelasan Penyakit apa yang saya derita dan obat yang harus saya minum, Saya Minta Tolong Karen Saya sudah tidak dapat beraktivitas Lebih , Terima Kasih , Saya Menunggu Jawaban Dokter

Oleh:

Trifena.pitoy

Yth. Trifena
Pada saat berolahraga atau dalam kondisi stres fisik, denyut jantung akan meningkat seiring dengan peningkatan intensitas olahraga yang dilakukan. Hal ini merupakan respon normal dari tubuh untuk meningkatkan luaran jantung (cardiac output) agar dapat memenuhi kebutuhan oksigen (oxygen demand) di dalam tubuh. Denyut jantung juga dapat meningkat pada individu yang sedang dalam kondisi cemas atau stres psikis.
Sensasi rasa berdebar-debar keras, nyeri dada dan sesak bisa merupakan suatu gejala penyakit jantung koroner atau gangguan irama jantung (aritmia) namun dapat pula hanya peningkatan denyut jantung normal yang tanpa disertai penyakit jantung koroner maupun gangguan irama jantung.
Pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyakit jantung koroner atau gangguan irama jantung dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut: EKG saat istirahat, EKG saat dilakukan tes pembebanan (stress ECG) dan juga EKG Holter (portable ECG untuk evaluasi irama jantung selama 24 jam atau lebih). Sebaiknya Trifena memeriksakan diri kembali ke dokter agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

dr. Angga Pramudita Pudianto, M.Kes, SpPD, FICA

Topics:

Posted: July 19, 2016 at 6:25 am

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430