Cara Mengecilkan Jantung Bengkak

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Suami saya mempunyai penyakit keturunan yaitu Hipertensi. Baru disadari mempunyai penyakit Hipertensi 1 tahun terakhir ini. Diawalai dengan tanda & gejala tekuk kepala sering sakit, tidur tidak pernah pulas dan badan merasa capek, kaki bengkak. Tekanan darahnya kisaran 190/120 mmHg. Suami saya langsung ke dokter penyakit dalam dan mendapatkan obat Hipertensi, obat Lasix & digoksin, foto rontgen adanya pembengkakkan jantung. Sekarang tekanan darahnya mulai stabil kisaran 140/90 mmHg atau 130/80 mmHg. Sekarang obat tambahannya yaitu ISDN. Yang saya mau tanyakan yaitu bila suami saya pulang kerja kakinya mulai membengkak tetapi obat Lasixnya sudah tidak diberikan lagi dan bagaimana caranya jantung yang bengkak menjadi mengecil. Bila tidak mengkomsumsi obat Lasix. Terimakasih, salam.

Oleh:
Maria
2016-01-25 @ 11:32:28 AM

Dear Ibu Maria,

Pembengkakan jantung atau kardiomegali yang dialami suami ibu kemungkinan disebabkan oleh hipertensi. Hal ini tentunya perlu konfirmasi dengan USG jantung (echocardiografi). Apabila benar sudah terjadi perubahan bentuk jantung, akan sulit untuk dikembalikan menjadi “normal”. Walaupun demikian tidak perlu dikuatirkan, karena yang lebih penting adalah mengatasi penyebab dasarnya agar mengurangi risiko penurunan fungsi jantung lebih lanjut. Dengan demikian perlu evaluasi dan kontrol faktor-faktor risiko penyakit jantung yang mungkin ada di suami ibu, sehingga disarankan untuk kontrol ketat dengan dokter pribadi ibu.

Obat Lasix diberikan untuk meningkatkan keluaran urine, sehingga diharapkan mengurangi mengurangi kelebihan cairan, yang biasanya ada pada kondisi “kaki bengkak”, namun obat ini bukan untuk “menghilangkan” pembesaran jantung suami ibu.

Semoga dapat membantu.

Salam,
dr. Simon Salim, MKes, SpPD, AIFO, FACP, FINASIM, FICA

Posted: January 29, 2016 at 4:13 pm

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430