6 Resolusi Tahun Baru Yang Membuat Jantung Anda Lebih Sehat di Tahun 2016

Ditulis oleh: pada tanggal Artikel, Jantung Sehat, Umum

resolusi tahun baru 2016 untuk jantung sehat

Tahun 2015 sudah Anda lewati dan kini Anda sudah menginjakkan kaki di tahun 2016. Tahun baru merupakan saat yang tepat untuk merefleksikan diri mengenai pencapaian yang sudah Anda dapat selama 12 bulan. Tahun baru identik dengan resolusi agar menjadi seseorang yang lebih baik dengan menyusun serangkaian target untuk dipenuhi selama setahun ke depan. Untuk dapat memenuhi target tersebut, Anda dapat menilai kebiasaan yang harus dipertahankan, kebiasaan yang harus dibentuk dan juga kebiasaan yang harus Anda tinggalkan. Kebiasaan yang sederhana dan mudah dipraktekkan tentunya akan lebih mungkin untuk Anda penuhi. Jika Anda memiliki jantung yang lebih sehat adalah salah satu keinginan Anda, berikut ini 5 resolusi yang mudah dan sederhana untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat.

 

  1. Check Up Rutin

 

Dokter Anda adalah sumber informasi yang penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kontrol rutin ke dokter dan melakukan medical check up yang meliputi tekanan darah, profil lipid, dan pemeriksaan gula darah untuk mengetahui berapa besar risiko Anda sehingga Anda dapat berfokus pada faktor risiko yang dapat diubah.

 

  1. Hidup Lebih Aktif

 

Gaya hidup minim aktivitas yang kini sudah menjadi kebiasaan banyak orang merupakan “pembunuh” nomor empat setelah tekanan darah tinggi, rokok, dan kadar gula darah yang tinggi. Salah satu cara paling sederhana dalam mengukur seberapa aktif Anda adalah dengan mengukur jumlah langkah setiap hari. 10000 langkah perhari adalah target yang direkomendasikan untuk hidup aktif. Anda dapat memulai perlahan dan sedikit demi sedikit memperbanyak berjalan kaki untuk mencapai 10000 langkah perhari.

 

  1. Makan makanan sehat

 

Diet yang sehat merupakan salah satu senjata paling ampuh untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Perbanyak buah dan sayur, perbanyak makanan yang berserat, batasi makanan berlemak serta batasi konsumsi garam.

 

  1. Jaga berat badan ideal

 

Dengan mencegah kelebihan berat badan, Anda sudah mengurangi beban yang Anda berikan untuk jantung, paru-paru, pembuluh darah dan tulang Anda. Dengan menjaga berat badan ideal, sirkulasi darah dalam tubuh Anda lebih efisien dan mengurangi risiko untuk terkena diabetes, penyakit jantung, kanker, dan gangguan tidur.

 

  1. Berhenti merokok

Perokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Jika Anda adalah perokok, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mendapatkan kembali jantung sehat Anda.

 

  1. Kelola Stress

 

Meskipun butuh lebih banyak penelitian untuk membuktikan bagaimana stress dapat berpengaruh terhadap penyakit jantung, stress dapat berpengaruh terhadap perilaku dan beberapa faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, merokok, gaya hidup minim aktivitas, dan makan yang berlebihan. Aktif berolahraga, menjaga pikiran positif, tidak merokok, menikmati makanan yang sehat serta menjaga berat badan ideal merupakan cara terbaik untuk mengelola stress.

 

Apakah Anda sudah siap untuk melakukan resolusi untuk jantung yang lebih sehat di tahun 2016 ini? Mulailah dengan satu langkah kecil dapat menjadi kebiasaan Anda. Jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan Anda, tambahlah dengan kebiasaan sehat yang lain.

Posted: January 4, 2016 at 8:00 pm, Last Updated: January 19, 2016 at 11:47 am

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430