Jantung Tiba-Tiba Berdetak Cepat

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

selamat siang dokter. saya isti, 21 tahun. saya merasakan ada yang tidak biasa pada jantung saya karena berdetak sangat cepat tapi tidak seperti karena berolahraga. pertama kali terjadi sewaktu sma, saya mengalami kondisi jantung yang tiba-tiba berdetak sangat cepat tetapi tidak berdebar dengan keras, hanya temponya saja. kondisi saya waktu itu sedang tidak berolahraga, yang pertama saat saya duduk setelah lari terburu-buru. kira-kira selang setahun lebih, terjadi lagi saat saya melakukan gerakan fisik memutar badan dari bawah ke atas dengan sangat tiba-tiba. lalu saya periksa dan dites dengan EKG. kata dokter hasilnya normal sehingga saya biasa saja. lalu saya dirujuk oleh dokter untuk konsultasi psikosomatik. lalu waktu saya kuliah, saya kembali mengalami hal tersebut sebanyak 2x. yang pertama terjadi setelah saya terpeleset dan dada terbentur dengan benda keras. 2 tahun kemudian, ketika saya sedang mengendarai sepeda motor, lalu saat mengalami goncangan karena kondisi jalan yang tiba-tiba tidak rata, jantung saya tiba-tiba berdetak dengan sangat cepat. saya berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik sambil menuju ke rumah sakit. saat tiba di rumah sakit, saya duduk dan tidak lama kemudian jantung saya kembali normal. namun saya tidak memeriksa lebih lanjut. semua kondisi yang saya alami ini terjadi kurang lebih 1-3 menit. waktu itu saya tidak merasakan panas, pusing, lemas, sesak maupun mual tetapi perasaan saya menjadi tidak nyaman, panik dan takut. dan sebelum jantung mulai berdetak cepat, detak jantung saya seperti terkunci dan tiba-tiba detaknya cepat sekali. yang saya takutkan apakah kondisi yang saya alami ini salah satu gangguan dari jantung?

Oleh:
isti
2015-05-21 @ 12:11:43 PM

Yth. Nn.Isti,
Keluhan berdebar yang anda rasakan hilang timbul dan tidak tentu saat munculnya, dapat merupakan suatu gangguan irama jantung sesaat (transient) atau yang dikenal dalam medis sebagai Takiaritmia Paroxysmal.
Keluhan berdebar-debar saat perubahan posisi dapat juga disebabkan gangguan saraf autonom. Untuk jelasnya anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Pada kondisi tertentu dapat dilakukan rekaman EKG 24 jam.

Salam,
dr. Angga Pramudita Pudianto, SpPD.

Posted: November 9, 2015 at 11:30 am, Last Updated: November 11, 2015 at 10:33 am

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430