Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan Aktivitas Fisik

Ditulis oleh: pada tanggal Aktivitas FIsik, Artikel, Jantung Sehat, Umum, World Heart Day

Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk di dalamnya penyakit jantung koroner dan stroke sudah bukan merupakan istilah yang asing di masyarakat, namun terkadang malah terdengar menakutkan. Tak jarang kita merasa takut ketika mendengar tetangga, keluarga, bahkan diri kita divonis menderita sakit jantung. Bagi sebagian besar masyarakat mendapat vonis penyakit jantung mungkin sama rasanya dengan mendengar suatu vonis mati. Apalagi melihat pemberitaan di media bahwa orang yang mengalami sakit jantung dapat mengalami serangan jantung yang berujung pada mati mendadak, kapan pun dan dimana pun.

Berbagai cara tentunya dapat kita lakukan untuk mencegah sakit yang menakutkan ini. Ada banyak cara dari yang sulit hingga yang mudah. Cara paling mudah dan murah untuk mencegah sakit jantung ini salah satunya adalah dengan beraktivitas fisik. Aktivitas fisik tinggi memiliki efek penurunan risiko kejadian penyakit jantung koroner serta stroke hingga 20-30%. Selain itu, aktivitas fisik tingkat menengah didapatkan mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 10-20%. Intensitas aktivitas fisik yang berbeda-beda menyebabkan perubahan persentase denyut jantung maksimal yang berbeda pula. Mungkin sebagian besar orang bingung, bagaimana bisa hanya dengan bergerak kita bisa mengusir sakit jantung? Bergerak yang seperti apa, apakah ada gerakan khusus yang sulit dan alat-alat yang mahal?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bergerak merupakan aktivitas yang mudah dan murah serta efektif dalam mencegah terjadinya sakit jantung. Hal ini telah dibuktikan melalui berbagai penelitian oleh para ilmuwan. Berbagai peneltiian menunjukkan bahwa dengan melakukan gerakan aktivitas dengan intensitas sedang seperti jalan cepat, kita dapat mengurangi risiko sakit jantung. Dengan melakukan aktivitas fisik yang rutin sekitar 30 menit sehari pompa jantung akan semakin kuat serta menurunkan faktor risiko sakit jantung yang lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Aktivitas fisik yang dilakukan bisa berupa apapun baik olahraga yang khusus seperti fitness, yoga, dance ataupun sekedar jalan santai setiap pagi. American Heart Association merekomendasikan aktivitas dengan intensitas sedang minimal 30 menit minimal lima hari per minggu dengan total 150 menit per minggu atau aktivitas intensitas berat minimal 25 menit minimal tiga hari per minggu dengan total 75 menit per minggu.

.

Mudah, murah dan menyenangkan bukan? Jadi apakah anda masih berencana menghabiskan uang berjuta-juta untuk mengobati sakit jantung atau cukup meluangkan waktu setengah jam setiap hari untuk bergerak?

 

Sumber :1

  1. Thompson PD, Buchner D, Pina IL, Balady GJ, Williams MA, Marcus BH, et al. Exercise and physical activity in the prevention and treatment of atherosclerotic cardiovascular disease: a statement from the Council on Clinical Cardiology (Subcommittee on Exercise, Rehabilitation, and Prevention) and the Council on Nutrition, Physical Activity, and Metabolism (Subcommittee on Physical Activity). Circulation. 2003;107(24):3109-16.
  2. http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/PhysicalActivity/FitnessBasics/American-Heart-Association-Recommendations-for-Physical-Activity-in-Adults_UCM_307976_Article.jsp

Posted: September 25, 2015 at 6:22 pm, Last Updated: January 19, 2016 at 12:03 pm

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430