Pemulihan untuk jantung bengkak

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

dok saya mau nanya?? apa penyebab penyakit jantung bengkak yah? dampaknya nafas jadi sesak, tidak bisa tidur, kaki sama tangan bengkak, cepet cape, kadang suka ada batuk batuk dok.. saya sudah beberapa melakukan tindakan medis beberapa kali dirawat, konsumsi obat yang dianjurkan dokter, tapi gak ada perubahan kenapa yah!!!!! sesak nafas masih ada dan tidak bisa tidur saat malam.,, konsumsi obat herbal udah pernah saya lakukan,, tapi semuanya nihil.,, tidak ada perubahan..,, apa emang pemulihan untuk penyakit bengkak jantung emang memakan waktu yang cukup lama..,,, mohon solusinya dok,. saya sudah cape dengan penyakit ini..

Oleh:
Derry Rosandi
2015-05-09 @ 8:47:34 AM

Yth. Bapak Derry Rosandi,
Keluhan bengkak pada kaki atau tangan, sesak, mudah lelah, batuk, merupakan gejala gagal jantung. Gagal jantung harus dievaluasi secara lengkap yang meliputi pemeriksaan darah, rontgen, EKG, Echocardiography.
Adapun penyebab gagal jantung ialah karena penyakit jantung coroner, penyakit jantung katup, infeksi, kelainan kongenital dan kardiomiopati.
Pengobatannya tentu disesuaikan dengan penyebabnya. Adapun untuk mengurangi gejala dapat diberikan obat yang mengurangi bengkak seperti obat golongan diuretic dan obat-obatan yang menekan system saraf simpatis dan hormonal jantung.
Saran saya, konsultasikan penyakit saudara segera untuk dievaluasi lebih lanjut dan dikelola lebih optimal.

Dr. Birry Karim, SpPD

About the author

Birry Karim

Board Certification: Medical Doctor, Faculty of Medicine, Universitas Tarumanagara Internal Medicine, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia

Topics: ,

Posted: June 25, 2015 at 9:56 am, Last Updated: November 4, 2015 at 9:05 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430