Liputan Holistic Approaches in Cardiovascular Diseases (HOPECARDIS) XIV : New Insight And Challenges in Cardiovascular Management

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

Liputan Holistic Approaches in Cardiovascular Diseases (HOPECARDIS) XIVAcara tahunan Holistic Approaches in Cardiovascular Diseases (HOPECARDIS) yang ke-14 telah berakhir pada hari Minggu, 17 Mei 2015. Rangkaian acara yang mengusung tema “New Insight And Challenges in Cardiovascular Management” ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dokter dan tenaga medis lainnya dalam menangani kasus-kasus kardiovaskular yang saat ini merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Agenda tahunan yang diadakan oleh Divisi Kardiologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM/FK UI ini diawali dengan 5 presimposium workshop yang dilanjutkan dengan acara puncak yaitu simposium yang berlangsung 3 hari dari tanggal 15 – 17 Mei 2015.

 

Presimposium workshop dimulai sejak tanggal 11 Mei 2015. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, 3 workshop yang sudah rutin dilaksanakan banyak mengundang minat dari para peserta terlihat dari banyaknya waiting list. Workshop BLS-ACLS yang diikuti oleh 21 peserta dilaksanakan pada tanggal 11-13 Mei 2015 di gedung Graha Cimandiri. Dalam workshop ini, peserta mendapatkan pelatihan penanganan kegawatdaruratan kardiovaskular dan henti jantung paru sesuai dengan standar internasional. Di tempat yang sama, pada tanggal 12 Mei juga dilaksanakan workshop electrocardiography yang diikuti oleh 24 peserta dokter umum. Untuk meningkatkan pelayanan dalam diagnosis penyakit kardiovaskular, pada tanggal 15 Mei 2015 juga dilaksanakan workshop Hands on Echocardiography yang diikuti oleh 25 peserta dengan rasio peserta dibanding instruktur 2:1.

 

workshop Holistic Approaches in Cardiovascular Diseases (HOPECARDIS) 2015Selain 3 workshop tersebut, juga diadakan Workshop Exercise is Medicine (EIM) dan Workshop Introduction to Electrophysiology. Dua workshop yang baru pertama kali di HOPECARDIS XIV ini langsung mengundang banyak perhatian dari peserta. Workshop EIM di tanggal 14 sampai dengan 15 Mei 2015 merupakan hasil kerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dan Coca Cola Foundation ini dihadiri oleh 45 peserta yang terdiri dari perawat, dokter umum, dan dokter spesialis. Setelah mengikuti workshop EIM, peserta diharapkan dapat memotivasi dan meresepkan aktivitas fisik yang tepat sesuai dengan kondisi pasien. Pada tanggal 16 Mei 2015, dilaksanakan workshop Introduction to Electrophysiology dengan instruktur dari Cardiac Electrophysiology Institute of Australia (CEPIA) yaitu Jason Riley. Terdapat 15 peserta yang berpartisipasi aktif dalam workshop ini dengan rasio peserta dibanding organ jantung yang digunakan adalah 2:1.

 

 

Simposium Holistic Approaches in Cardiovascular Diseases (HOPECARDIS) XIV 2015

Acara puncak berupa simposium berlangsung dari tanggal 15-17 Mei 2015 dan dihadiri oleh lebih dari 1300 peserta yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan mahasiswa. Mayoritas peserta simposium merupakan dokter umum. Simposium HOPECARDIS XIV ini terdiri dari 6 sesi “Meet The Expert“, 10 sesi “Cardiology in Daily Practice” dan 7 sesi “Cardiology in Special Condition“. Rekan-rekan sejawat juga diberikan kesempatan untuk mempresentasikan laporan kasus maupun hasil penelitian dalam sesi Poster Exhibition and Competition. Presentasi dan poster terbaik dimenangkan oleh dr. Birry Karim, SpPD yang mengusung judul “Effect of One Year First Line Anti Retroviral Therapy on Left Ventricular Mass Index in Naive-HIV Infected Patient“. Pemenang Poster Exhibition and Competition ini akan diikutkan ke dalam event yang akan diadakan oleh European Cardiology Congress. Hasil survey kuesioner memperlihatkan mayoritas peserta puas akan simposium ini. Bagi rekan-rekan yang belum sempat berpartisipasi, ditunggu kehadirannya tahun depan.

Posted: June 4, 2015 at 9:29 am, Last Updated: June 4, 2015 at 9:33 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430