Liputan Workshop Exercise is Medicine HOPECARDIS XIV – Aktivitas Fisik Sebagai Bagian dari Manajemen Holistik Penyakit Kardiovaskular

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

Exercise_is_medicine_Luca_Russo_SulmonaHari ini 49 dokter mengikuti workshop Exercise is Medicine (EIM) yang diselenggarakan oleh Divisi Kardiologi Ilmu Penyakit Dalam RSCM/FK UI bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga (PDSKO) dan Coca Cola Foundation. Workshop yang merupakan bagian dari rangkaian acara Holistic Approaches in Cardiovascular Diseases (HOPECARDIS) XIV ini akan berlangsung dua hari bertempat di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta. Pelatihan ini ditujukan untuk mempromosikan konsep mengenai pentingnya aktivitas fisik sebagai bagian dari pencegahan dan penyembuhan penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, hipertensi, dislipidemia, dan diabetes mellitus. Workshop ini diharapkan mampu menjadikan peserta menjadi lini terdepan pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesa melalui aktivitas fisik dan latihan jasmani. Workshop EIM ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 2007 oleh American College of Sport Medicine. Workshop ini mulai diprakarsai di Indonesia pada tahun 2013 oleh PDSKO dan Coca Cola Foundation.

“Workshop EIM ini ditujukan agar dokter memiliki pemahaman dasar yang tepat dalam meresepkan latihan fisik sebagai bagian dalam manajemen holistik penyakit tidak menular, tidak terkecuali penyakit kardiovaskular. Peserta diharapkan dapat memotivasi dan meresepkan olahraga dan aktivitas fisik yang tepat sesuai kondisi pasien. Dalam suasana yang interaktif, antusiasme peserta sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan ini.  Beberapa materi yang disampaikan antara lain peresepan latihan fisik yang tepat bagi penderita penyakit kardiovaskular, hipertensi, dislipidemia, hingga diabetes mellitus,” ujar dr. Angga Pramudita Pudianto, M. Kes., Sp.PD selaku penanggungjawab workshop EIM.

Tahun ini merupakan pertama kalinya Workshop EIM menjadi presimposium workshop dalam rangkaian acara HOPECARDIS XIV yang akan berlangsung pada tanggal 15 – 17 Mei 2015 mendatang. Jumlah tempat yang terbatas dan banyaknya minat dari rekan sejawat, membuat banyak calon peserta yang masuk waiting list berharap agar kegiatan ini dapat diadakan rutin. Bagi rekan-rekan sejawat yang belum berkesempatan mengikuti workshop EIM, bisa bergabung menjadi member website kardioipdrscm.com agar mendapatkan info terbaru mengenai simposium, workshop, dan kegiatan ilmiah lainnya yang diadakan oleh Divisi Kardiologi Ilmu Penyakit Dalam RSCM-FKUI.

Posted: May 14, 2015 at 8:35 pm, Last Updated: June 4, 2015 at 9:30 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430