Pemasangan Stent pada Stenosis arteri renalis

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Dok, saya mau tanya. Dari hasil USG doppler ginjal saya hasilnya ada stenosis arteri renal kiri (oclusi atau high grade), namun setelah dilakukan MCT Scan hasilnya sugestif setnosis arteri renal kanan 50% dok, apakah memang sering terjadi perbedaan hasil pemeriksaan tersebut ya? Apa harus dilakukan kateterisasi dan pemsangan stent renal dok? Karna tekanan darah tinggi saya saat ini masih bisa terkontrol oleh lisinopril 10 dan losartan 50 dok. Apa ada efek samping dari stent? Yang saya baca di internet kalau bisa dilakukan pelebaran pembuluh darah tanpa dilakukan pemsangan stent, apa benar? Karna saya liat di web rscm ini juga katanya bahaya ya dok? Saya James, 17 tahun.

Oleh:
James Gautama
2014-12-26

Yth.bapak James Gautama,
Pemeriksaan penunjang seperti USG doppler, CT scan, MRI memiliki sensitivitas dan spesifitas tertentu dalam mendiagnosis stenosis arteri renalis. USG dopler sebenarnya adalah metode skrining yang baik dan aman namun hasil pemeriksaan tergantung dari dokter pemeriksa dan kualitas gambar dapat berkurang pada pasien yang gemuk dan udara usus yang banyak. Kateterisasi atau angiografi arteri renalis diperlukan pada pasien yang risiko tinggi dan memerlukan angiografi untuk indikasi lain misalnya angiografi koroner (pembuluh darah jantung) atau bila terdapat indikasi dilakukan intervensi terhadap keadaan stenosis arteri renalis tersebut.
Pemasangan stent renal dianjurkan pada keadaan stenosis arteri renalis yang signifikan dengan gangguan jantung yang signifikan, hipertensi yang sulit terkontrol atau perburukan fungsi ginjal akibat iskemia (kurangnya aliran darah ke ginjal). Pemasangan stent arteri renalis sebenarnya prosedur yang aman dengan komplikasi fatal dibawah 2%. Terdapat beberapa komplikasi yang dapat terjadi seperti: perdarahan, robekan atau pecah pembuluh darah, terbentuknya bekuan darah dan kerusakan ginjal lebih lanjut.
Bapak dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter tentang masalah stenosis arteri renalis ini dengan membawa data yang sudah ada. Semoga dapat membantu dan bapak selalu dalam keadaan sehat.

Regards,
Dr. Rachmat Hamonangan, Sp.PD

Posted: February 24, 2015 at 3:35 pm

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430