World Heart Day 2014: Menciptakan Lingkungan yang Sehat bagi Jantung Anda

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi, World Heart Day

World Heart Day 2014: Menciptakan Lingkungan yang Sehat bagi Jantung Anda

whd2014 

Hari Jantung Sedunia, atau yang biasa disebut World Heart Day, diperingati pada tanggal 29 September setiap tahunnya. Peringatan World Heart Day memiliki tema yang berbeda setiap pelaksanaannya, yang masing-masing tema menggambarkan isu dan topik terkait kesehatan jantung. Pada tahun 2014 ini, World Heart Day fokus terhadap menciptakan lingkungan yang sehat untuk jantung, atau disebut heart-healthy environments. Tema ini diusung untuk memastikan bahwa masyarakat mampu membuat pilihan hidup demi jantung sehat, dimanapun mereka tinggal, bekerja, dan bermain. World Heart Day tahun ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, dan mempromosikan planet yang sehat bagi jantung untuk orang-orang di sekitar kita. Slogan yang digunakan pada tahun ini adalah Heart Choices Not Hard Choices yang berarti pilihan untuk jantung bukan pilihan yang sulit.

Penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke, kini merupakan “pembunuh terbesar” di dunia dengan angka kematian hingga mencapai 17,3 juta setiap tahunnya. Angka kematian akibat penyakit kardiovaskuler ini diperkirakan akan terus meningkat. Perkiraan kematian akibat penyakit kardiovaskuler pada tahun 2030 mencapai angka 23 juta. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena 80% kematian prematur akibat penyakit kardiovaskuler dapat dicegah dengan menghindari 4 faktor risiko utama yang bisa diubah yaitu merokok, diet yang tidak sehat, ketidakaktifan fisik, dan penggunaan alkohol, baik di dalam rumah maupun di komunitas sekitar Anda.

 

Menjaga kesehatan jantung di rumah

Empat langkah mudah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah penyakit kardiovaskuler adalah menyediakan makanan sehat, tidak merokok di dalam rumah, aktifitas fisik, dan mengenali risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Sediakan makanan sehat
    • Batasi makanan kemasan yang banyak mengandung gula, lemak, dan garam.
    • Sisipkan selalu sayuran dan buah-buahan segar pada menu Anda
    • Persiapkan dan rencanakan makan siang yang sehat dan bergizi seimbang untuk di kantor atau sekolah.
  2. Tidak merokok di dalam rumah
    • Berhenti merokok di dalam rumah, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan Anda, namun juga bagi anak-anak dan keluarga Anda.
    • Benar-benar berhenti merokok adalah role model yang baik bagi anak/keluarga Anda.
  3. Aktivitas Fisik
    • Membatasi jam menonton TV.
    • Melakukan kegiatan di luar dengan aktivitas fisik memadai, seperti bersepeda, nauik gurung, jalan kaki, berlari, atau berkebun.
  4. Mengenali risiko penyakit kardiovaskular Anda
    • Kunjungi dokter Anda. Selalu periksakan dengan rutin, tekanan darah, kolesterol, gula darah, Indeks Massa Tubuh (IMT), dan berat badan, serta konsultasikan dengan dokter untuk risiko spesifik yang Anda miliki.
    • Jika Anda sudah mengetahui risiko Anda terhadap penyakit kardiovaskuler, maka lakukanlah pengobatan jangka panjang yang rutin dan terencana dengan dokter dan tenaga medis profesional.

 

Menjaga kesehatan jantung di komunitas sekitar Anda

Pada World Heart Day ini, kami gencar mempropagandakan, memobilisasi, dan memfasilitasi seluruh komunitas lokal untuk memastikan lingkungan tempat tinggal Anda adalah lingkungan yang kondusif dan baik bagi jantung karena Anda berhak memilih untuk hidup di lingkungan sehat. Melalui aksi bersama, Anda dapat menciptakan perubahan di komunitas sekitar Anda, seperti:

  • Peningkatan kualitas pendidikan jasmani di sekolah dan fasilitas childcare.
  • Menciptakan dan menjaga lingkungan tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk aktivitas fisik dan olahraga, seperti penerangan yang baik, dinding pengaman, pagar pembatas, dll.
  • Menyediakan dan turut serta mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, sehat, dan tidak berisiko memicu/memperburuk penyakit kardiovaskular, dengan harga yang terjangkau.
  • Propaganda anti rokok dan mengupayakan tempat-tempat bebas asap rokok.

Diskusi dan pendekatan terhadap para pejabat setempat dan figur lokal dapat membantu menciptakan efek nyata pada komunitas (melalui kebijaksanaan, dll).

 

Terdapat beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan saat ini juga, seperti:

  • Larangan merokok di tempat kerja.
  • Kampanye anti-rokok dengan dimulai dari diri sendiri.
  • Bersepeda atau berjalan kaki ke kantor jika memungkinkan, memiliki untuk menggunakan tangga daripada lift, dan sebagainya.
  • Menyempatkan diri untuk mengonsumsi makanan sehat (dibandingkan makanan cepat saji) di sela-sela kesibukan kerja Anda.

 

Menjaga kesehatan jantung bangsa

Pemegang kebijakan, dalam hal ini pemerintah, memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan jantung masyarakat mereka agar terwujud bangsa yang sehat. Terdapat beberapa hal yang dapat mereka lakukan, antara lain:

  • Mengatur jumlah iklan mengenai makanan cepat saji (fast-food) di televisi dan radio.
  • Membuat undang-undang untuk memberikan pajak makanan tidak sehat dan mendukung pengadaan buah-buahan dan sayur-sayuran secara lokal.
  • Membuat peraturan untuk mengatur rokok dan melarang pemasaran dan pengiklanannya.
  • Memastikan deteksi penyakit kardiovaskular tepat pada waktunya dan pemberian terapi yang efektif biada untuk memodifikasi faktor risiko pada orang yang memiliki risiko tinggi.

 

Berikut terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membiasakan diri hidup sehat:

  1. Lakukan pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) untuk mencegah atau mengontrol hipertensi dengan cara: memakan makanan kaya serat, memakan lemak tidak jenuh (PUFA), membatasi asupan garam, hingga maksimal 2.400 mg per hari.
  2. Targetkan 30 menit sehari, 5 kali seminggu untuk melakukan aktivitas dengan intensitas sedang, seperti jalan kaki dengan cepat. Anda juga dapat membagi 30 menit tersebut menjadi 2 hingga 3 sesi, 10 hingga 15 menit untuk setiap sesi.
  3. Berhenti merokok

Jika Anda ingin berhenti merokok, 5 langkah sederhana ini akan membantu Anda:

  • Tetapkan kapan Anda akan berhenti merokok

Tentukan tanggal dalam satu minggu untuk berhenti merokok. Persiapkan diri Anda dan mulai kurangi jumlah rokok hingga tanggal tersebut.

  • Pilih metode untuk berhenti merokok

Ada tiga metode untuk berhenti merokok, antara lain berhenti total di hari yang Anda tetapkan, mulai mengurangi jumlah batang rokok yang Anda hisap setiap hari, atau mulai mengurangi jumlah bagian batang rokok yang Anda hisap setiap hari.

  • Tentukan apakah Anda butuh obat untuk membantu berhenti merokok

Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan apakah Anda membutuhkan obat untuk berhenti merokok dan jenis obat yang tebaik untuk Anda.

  • Persiapan untuk hari berhenti merokok

Anda harus menyiapkan makanan rendah lemak yang akan Anda makan untuk mengganti kebiasaan merokok dan kegiatan yang akan Anda lakukan untuk merayakan hari ketika Anda tidak merokok

  • Berhenti merokok di hari yang telah Anda tetapkan

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan segera setelah Anda berhenti merokok seperti sirkulasi darah yang semakin lancar, tekanan darah dan denyut jantung yang membaik, serta kadar oksigen dan karbon monoksida di dalam darah segera kembali ke batas normal.

  1. Jika Anda mengkonsumsi alkohol, batasi konsumsi alkohol Anda. Jika Anda tidak mengkonsumsi alkohol, jangan mulai mencoba konsumsi alkohol.

 

Anda dapat berperan serta menciptakan lingkungan jantung sehat dimanapun Anda berada, baik lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja maupun lingkungan tempat bermain. Gerakan untuk menciptakan lingkungan jantung sehat ini tidak bisa dilakukan secara individual karena faktor lingkungan sangat berpengaruh, seperti ketersediaan area bebas asap rokok serta ketersediaan makanan yang “bersahabat” untuk kesehatan jantung, sehingga dibutuhkan lingkungan hingga negara yang mendukung jantung sehat. Mari bergabung dengan gerakan World Heart Day 2014 agar tercipta lingkungan hingga negara yang mendukung jantung sehat.

 

Referensi:

http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/PhysicalActivity/FitnessBasics/American-Heart-Association-Recommendations-for-Physical-Activity-in-Adults_UCM_307976_Article.jsp

http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/QuitSmoking/QuittingSmoking/Get-Ready-To-Quit-Smoking_UCM_307848_Article.jsp

http://www.heart.org/HEARTORG/GettingHealthy/NutritionCenter/HealthyEating/The-American-Heart-Associations-Diet-and-Lifestyle-Recommendations_UCM_305855_Article.jsp

http://www.world-heart-federation.org/what-we-do/awareness/world-heart-day-2014/heart-healthy-choices/

Posted: September 30, 2014 at 7:12 am, Last Updated: September 3, 2015 at 9:59 am

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430