Sakit pada punggung di sertai sakit pada jantung dikarenakan oleh apa?

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Slamat malam dok.. Dok saya mau tanya, saya punya keluhan sakit di bagian punggung tapi pada saat sakit itu berbarengan sakit di jantung saya . Kenapa ya dok ? Saya takut saya punya pnyakit jantung koroner . Karna di situs yg pernah saya baca, apa yang saya rasakan itu adalah jantung koroner . Apa benar itu dok ? Terima kasih . Mohon bimbingan nya

Oleh Nenda Apriliyanti
2014-06-24 @ 6:54:51 PM

Kepada YTH. Nenda,
Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit yang mengenai koroner. Penyakit ini memiliki beberapa karakteristik diantaranya lokasi, durasi, waktu terjadinya, penjalaran, gejala penyerta lainnya. Faktor yang memperberat dan mengurangi gejalanya. Gejala paling sering pada PJK adalah perasaan tidak nyaman di dada seperti tindih benda berat. Lokasinya di dada tetapi tidak dapat ditentukan lokasi tepatnya. Bisa terjadi pada waktu beraktivitas dan saat istirahat. PJK bisa disertai penjalaran ke lengan kiri, leher, dagu, atau punggung. PJK kadang disertai mual, muntah, dan pusing.
Berikut ini ada beberapa faktor risiko terjadinya PJK antara lain usia, jenis kelamin, riwayat PJK di Keluarga, merokok, hipertensi, kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.
Untuk lebih jelas, saya berharap bapak/ibu datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan. Terima kasih.

Salam,
dr.Eka Ginanjar, Sp.PD

Topics:

Posted: September 10, 2014 at 10:03 am, Last Updated: September 11, 2014 at 10:05 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430