Kuliah Tamu, Psikosomatik Dalam Penanganan Gangguan Kardiovaskular

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

kuliah tamu psikosomatik gangguan kardiovaskularPsikosomatik adalah salah satu cabang keilmuan dari ilmu penyakit dalam yang tidak dapat terpisahkan. Namun dalam kenyataannya, masih banyak dokter yang kurang mementingkan permasalahan psikosomatik pada praktik keseharian.

Karena itulah pada hari Senin, tanggal10 Februari 2014, Divisi Psikosomatik Ilmu Penyakit Dalam RSUP dr. Cipto Mangukusumo mengadakan siang klinik dengan pembicara dr. Mudjaddid, SpPD KPsi, dan kuliah tamu yang menghadirkan Prof. Chiharu Kubo, MD dari Jepang.Prof. Kubo saat ini menjabat sebagai President of The International College of Psychosomatic dan merupakan salah satu guru besar Univeritas Kyushu dalam bidang psikosomatik.

psikosomatik dalam penanganan gangguan kardiovaskularDalam kesempatan tersebut selain memberikan perkenalan singkat tentang Universitas Kyushu, Prof. Kubo juga memberikan penjelasan mengenai perkembangan terkini dari bidang kesehatan psikosomatik di Asia dalam kuliahnya yang bertajukThe State of Psychosomatic on Asia.

Kedokteran Psikosomatik dijelaskan oleh Prof. Kubo sebagai kedokteran yang holistik di mana penyakit tidak hanya dipandang terbatas pada aspek fisik, namun juga aspek psikologis, social dan lingkungan; sehingga dapat memberikan pendekatan yang lebih umum dan terintegrasi.

Prof. Kubo juga memberikan gambaran kondisi-kondisi patologis sistem organ tubuh yang memiliki keterkaitan dengan psikosomatik, serta pentingnya sebagai klinisi mengetahui ilmu psikosomatik dalam penanganan pasien-pasien di masyarakat.Termasuk di dalamnya gangguan system kardiovaskular seperti hipertensi esensial, hipotensi, penyakit jantung koroner, aritmia dan penyakit pembuluhdarah.

Kesakitan sesorang tidak hanya dapat dipandang dari segi fisik, namun juga mental. Berbagai resiko gangguan fungsi tubuh dapat terjadi pada pasien-pasien dengan gangguan depresi dan anxietas, dari 69% pasien dengan depresi mengeluhkan kelainan fisik, dan tercatat risiko seseorang untuk mengalami sudden cardiac death 5x lipat lebih besar pada pasien dengan anxietas.

Seperti yang dikutip dari dr. E. Mudjaddid, SpPD, K-Psi, bahwa Psikosomatik adalah bidang yang seringkali dikesampingkan oleh banyak klinisi karena dianggap sulit dan kurang menarik. Meskipun demikian, penting bagi masyarakat dan klinisi untuk memahami bidang tersebut untuk dapat menangani sebuah penyakit dengan lebih holistik.

Dalam topik yang sama, pada tanggal 22-23 Agustus 2014 juga akan diadakan16th Congress Asian College of Psychosomatic Medicine in Conjuction with Indonesian Society of Psychosomatic Medicine yang akan dilaksanakan di Grand Sahid Jaya Hotel. Acara tersebut akan membahas kedokteran psikosomatik dari riset sampai ke praktik klinisnya.

About the author

Alexander Randy Angianto

Board Certification: Medical Doctor, Faculty of Medicine, Universitas Gadjah Mada Internal Medicine Resident, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia

Posted: February 25, 2014 at 9:29 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430