Sindrom Marfan dan Operasi dengan Metode OPCAB

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

bpk/ibu dokter, saya sangat tertarik dengan bedah toraks. Saya ingin bertanya tentang sindrom marfan. Bagaimana sindrom marfan itu? lalu apa penyebabnya? serta gejala-gejalanya? kemudian saya juga ingin bertanya apa itu operasi dengan metode opcab?

Oleh: Indah
24-10-2013

Yth. Saudari Indah. Kami sangat senang anda tertarik dengan bedah toraks.

Sindrom Marfan adalah penyakit kelainan jaringan ikat yang diturunkan secara genetik dan bersifat autosomal dominan dan dapat mengenai sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), tulang dan otot, paru, kulit dan selaput otak. Manifestasi utama sindrom ini adalah terbentuknya aneurisma (pelebaran abnormal) dan diseksi (robekan) dapri pembuluh aorta, dislokasi lensa mata dan pertumbuhan berlebihan pada tulang panjang.

Operasi dengan Off Pump Coronary Bypass Surgery atau disingkat OPCAB merupakan satu metode dalam operasi byppas (lintas) koroner. Pada operasi koroner jenis ini, selama operasi jantung tidak dihentikan dan dibiarkan tetap berdenyut dan tidak diambil alih mesin paru-jantung (heart-lung machine). Pada intinya jantung dan paru pasien tetap berfungsi saat operasi. Operasi dengan metode ini memang dapat menurunkan efek samping tindakan pada kasus tertentu. Dokter bedah akan melihat kondisi pasien, kondisi pembuluh darah koroner pasien serta faktor lain seperti indikator fungsi jantung sebelum memutuskan untuk menggunakan teknik operasi ini.

Terima kasih dan semoga informasi ini dapat membantu.
dr Rachmat Hamonangan, SpPD

Topics: ,

Posted: November 19, 2013 at 10:46 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430