Pemeriksaan Gangguan Jantung

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Yth PJT RSCM.

Tekanan darah suami saya 140/100, pergelangan kaki bengkak, diberi obat Farmalat dan Farmoside (kalau tidak salah penulisan, agar cairan kuluar melalu air seni), namun sekarang mengeluh sesak nafas, dada sebelah kiri sakit, pening dan mudah lelah.

Yang ingin saya tanyakan :
1. Berdasarkan ciri-ciri di atas dan tanya kiri kanan, ada kemungkinan suami saya mengalami gangguan pada jantungnya. Benarkah ?
2. Berapa kira-kira biaya awal yang harus kami persiapkan untuk pemeriksaan jantung ?

Terima kasih atas tindak lanjutnya.
23-09-2013
Oleh Novi

Yth Ibu Novi
Berdasarkan data yang disampaikan memang kesan didapatkan gangguan jantung, memang harus ditindak lanjuti dengan anamnesis dokter yang lebih spesifik, pemeriksaan fisik dokter, dan pemeriksaan tambahan seperti cek lab, EKG, Ronsen thoraks. Bila sudah lengkap dan memang diperlukan pemeriksaan echocardiography maka akan direncanakan pemeriksaan echocardiography tersebut. Mengenai keluhan yang ada keluhan sesak, bengkak di kaki memang bisa disebabkan oleh manifestasi dari gagal jantung akibat hipertensi yang diderita. Nyeri dada yang dikeluhkan harus ditindak lanjuti dengan pemeriksaan lanjutan seperti treadmill test untuk menyingkirkan kemungkinan masalah koroner, meskipun keluhan nyeri dada bisa disebabkan penyebab di luar jantung, mengingat didapatkan faktor risiko kardiovaskular pada pasien yakni hipertensi. Untuk kaki bengkak, disamping bisa disebabkan gagal jantung, bisa juga disebabkan efek samping obat yang dikonsumsi tersebut yakni farmalat. Mengenai biaya tentu berdasarkan hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik dokter, baru ditentukan pemeriksaan apa yang tepat dan cost effective untuk suami ibu…terima kasih..

dr Birry Karim, SpPD

About the author

Birry Karim

Board Certification: Medical Doctor, Faculty of Medicine, Universitas Tarumanagara Internal Medicine, Faculty of Medicine, Universitas Indonesia

Topics: , ,

Posted: November 9, 2013 at 7:36 pm, Last Updated: January 7, 2016 at 9:53 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430