Liputan Workshop BLS dan ACLS, Continuing Professional Development Maranatha-Immanuel, Bandung

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

Penyakit kardiovaskular masih menjadi salah satu masalah utama kesehatan masyarakat dan penyebab utama kematian di seluruh dunia. WHO mengestimasikan 17,2 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular pada tahun 2008. Data SKRT tahun 2010 mendapatkan sekitar 30% kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, setiap pusat pelayanan kesehatan dan pusat pendidikan sudah seharusnya mengembangkan tenaga kesehatannya agar memiliki keterampilan dalam manajemen kegawatdaruratan kardiovaskular, dalam hal ini Basic Life Support (BLS) dan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) yang berstandar internasional seiring dengan globalisasi dan era pasar bebas.

Senada dengan hal di atas, Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha dan RS Immanuel Bandung pun berupaya mengembangkan sumber daya manusianya, salah satunya dengan menyelenggarakan serangkaian acara Continuing Professional Development (CPD) FK Universitas Maranatha – RS Immanuel, yang mencakup workshop BLS & ACLS. Dalam penyelenggaraan workshop ini, panitia CPD Maranatha – Immanuel menjalin kerjasama dengan Ikatan Keseminatan Kardioserebrovaskular Indonesia (IKKI) yang merupakan authorized training center American Heart Association (AHA). Workshop ini diadakan sesuai standar resmi AHA. Trainer yang terlibat dalam workshop ini merupakan instruktur BLS & ACLS yang telah terakreditasi AHA di bawah naungan Ikatan Keseminatan Kardioserebrovaskular Indonesia (IKKI).

“BLS dan ACLS adalah trademark AHA yang telah dikenal luas sebagai suatu manajemen terpadu penatalaksanaan kegawatdaruratan kardiovaskular dan henti jantung-paru, sehingga dalam workshop ini seluruh pengajar yang telah mendapat sertifikasi AHA akan memastikan kualitas pelatihan sesuai dengan standar AHA,” ujar dr. Muhadi, SpPD, FINASIM, selaku Training Center Coordinator IKKI.

Kegiatan wokshop BLS dan ACLS dalam rangkaian CPD Maranatha – Immanuel ini diadakan selama 3 hari pada tanggal 11-13 September 2013 di Aula AGAPE lt. 4 RS Immanuel Bandung. Pelatihan ini diikuti oleh dokter umum, dokter spesialis, perawat, serta dokter muda, khususnya yang berasal dari Bandung. Kegiatan ini dibuka oleh dr. J. Teguh Widjaja, Sp.P, FCCP (Ketua Panitia CPD Maranatha-Immanuel) dan Prof. Lukman H. Ma’mun Sp.PD, KKV, FINASIM, K-Ger (presiden IKKI). Hari pertama workshop diisi dengan pelatihan Basic Life Support. Peserta dilatih melakukan CPR pada dewasa, anak, dan bayi serta menggunakan Automatic External Defibrillator (AED) sesuai guideline AHA 2010. Pada guideline AHA 2010 ini terdapat beberapa perubahan, salah satunya perubahan sequence CPR yang sebelumnya (A-B-C) menjadi (C-A-B). Pada hari kedua dan ketiga, peserta mengikuti pelatihan Advanced Cardiac Life Support untuk mengenali dan menangani henti jantung-paru atau kasus kegawatdaruratan dalam kardiovaskular lainnya. Peserta juga dilatih bekerjasama secara efektif dalam sebuah tim resusitasi. Di akhir pelatihan, peserta mendapatkan sertifikasi langsung dari AHA berupa kartu yang berlaku secara internasional dan juga sertifikat dari panitia dengan akreditasi dari IDI Jawa Barat.

 


 

Secara umum, workshop ini berjalan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “Instruktur memfasilitasi pembelajaran ini dengan baik dan menciptakan suasana pelatihan ini terasa menyenangkan dan tidak menegangkan. Hal yang demikian membuat kami lebih antusias serta menyerap ilmu dengan lebih baik.”, ujar salah seorang peserta. Dr. Pudji Rusmono Adi Sp.PD-KKV (koordinator workshop BLS & ACLS – CPD Maranatha Immanuel) dan dr. Edwin Setiabudi Sp.PD-KKV (ketua IKKI cabang Bandung) berharap kegiatan ini dapat diadakan secara rutin di Bandung sebagai sarana bagi tenaga kesehatan untuk mencapai keterampilan dalam kegawatdaruratan kardiovaskular yang berstandar internasional.

Training Center Coordinator IKKI sendiri menyampaikan bahwa IKKI sebagai International Training Center AHA ke depannya berencana mengembangkan training site untuk penyelenggaraan pelatihan BLS dan ACLS secara rutin di berbagai kota, namun untuk tahun ini sementara pelatihan rutin hanya diadakan di Jakarta. Adapun informasi mengenai pelatihan BLS dan ACLS yang akan dilaksanakan di Jakarta dapat diakses melalui http://acls.kardioipdrscm.com/

Posted: October 1, 2013 at 11:45 pm, Last Updated: October 1, 2013 at 11:49 pm

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430