Liputan Jakarta Internal Medicine in Daily Practice (JIM DACE) 2013

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

Liputan Jakarta Internal Medicine in Daily Practice (JIM DACE) 2013Jakarta Internal Medicine in Daily Practice (JIM DACE) merupakan acara ilmiah tahunan yang diadakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Cabang Jakarta Raya (PAPDI JAYA). Acara ini diadakan agar menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan peran dokter sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di bidang ilmu penyakit dalam, baik secara diagnostik maupun teraupetik dalam praktik sehari-hari. Mengikuti kesuksesan di tahun pertamanya, PAPDI JAYA mengadakan kembali JIM DACE pada tanggal 21, 27-29 September dan 5 Oktober 2013. JIM DACE 2013 ini mengusung tema “Towards Universal Health Coverage : Strengthening The Role of Primary Physicians in Internal Medicine“.

 

JIM DACE 2013 ini terdiri dari beberapa acara antara lain full day workshop, temu ahli, kuliah umum, dan simposium. Workshop diadakan di 5 wilayah yaitu workshop mengenai CAPD pada penyakit ginjal kronik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta Pusat pada tanggal 21 September 2013, workshop mengenai hepatitis C di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan, workshop mengenai arthritis di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, dan workshop mengenai non cardiac chest pain di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta Utara pada tanggal 27 September 2013 serta workshop mengenai diabetes mellitus yang nanti akan di adakan di RS Pelni Petamburan Jakarta Barat pada tanggal 5 Oktober 2013.

 

Acara simposium, kuliah umum, dan temu ahli diadakan pada tanggal 28-29 September 2013 di Hotel Mercure Ancol. Simposium terbagi menjadi 10 topik yaitu Bridging the Gap the Current Dyslipidemia Management with Dual Concept, The Role of Antioxidant, How to Approach Patient with Anemia, Tips & Trick to Manage Acute Hepatitis, Sepsis Campaign : Current Management, How Big The Matter of Immune System, Update on Dyslipidemia, Erectile Dysfunction, Thyroid Problem in Daily Practice, dan Rheumatology in Daily Practice. Kuliah umum mengambil topik mengenai Update on Management of Peptic Ulcer Bleeding dan Pengalaman Dinas Kesehatan dalam Mengelola KJS. Acara temu ahli yang juga diikuti diskusi kasus interaktif mengambil tema Introduction to Insulin Therapy in Outpatient Setting dan Update on Dyslipidemia : Case Based Discussion. Workshop EKG mengenai Anatomy and Physiology of Heart Electrical Activity, Basic EKG Reading, Arrhytmias, dan ACS and other ST Elevation juga diadakan di Hotel Mercure Ancol pada tanggal 29 September 2013. Acara-acara tersebut dikemas dalam suasana yang nyaman serta disertai dengan kuis dan diskusi interaktif serta pembahasan kasus sehingga terjalin komunikasi yang dinamis antara peserta dan pembicara. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, topik JIM DACE 2013 ini sedikit berbeda. Pemilihan topik berdasarkan pada evaluasi dan usulan peserta JIM DACE tahun lalu. “Topik JIM DACE tahun ini memang lebih ditujukan untuk dokter umum. Namun, JIM DACE ini juga ditujukan untuk dokter spesialis sebagai sarana update ilmu,” ujar DR.dr. Murdani Abdullah, SpPD, K-GEH, FINASIM, FACG selaku ketua panitia.

 

Secara umum, acara simposium berjalan dengan baik dan lancar. Diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari seluruh Indonesia, angka kehadiran peserta dalam simposium mencapai 87%. “Beberapa kendala muncul di hari terakhir simposium seperti gangguan AC, sistem pencahayaan dan sound system. Namun, kendala tersebut dapat diatasi dengan baik sehingga tidak mengganggu jalannya acara,” imbuh DR.dr. Murdani Abdullah, SpPD, K-GEH, FINASIM, FACG. Hotel Mercure Ancol dipilih menjadi tempat penyelenggaraan simposium karena selain lokasi yang mudah dijangkau dan nyaman, hotel ini juga berada di area rekreasi sehingga peserta juga bisa membawa keluarga untuk berlibur setelah acara selesai. Setelah mengikuti rangkaian acara JIM DACE 2013, para peserta dan pembicara diharapkan tetap berkomunikasi, baik untuk sharing maupun tanya jawab melalui website JIM DACE di http://www.papdijaya.org/workshop/jimdace/jimdace.php?page=home

 

Untuk JIM DACE tahun berikutnya, DR.dr. Murdani Abdullah, SpPD, K-GEH, FINASIM, FACG selaku ketua panitia JIM DACE 2013 mengharapkan adanya standarisasi dalam penyampaian materi, penambahan sesi interaktif seperti kuis dan pembahasan, serta materi dan topik yang disesuaikan dengan pengalaman praktik sehari-hari. Beliau juga mengharapkan peserta juga lebih aktif dalam sharing kasus yang pernah dihadapi di lapangan agar variasi kasus lebih banyak karena peserta datang dari berbagai daerah dengan background yang bervariasi.

Posted: September 30, 2013 at 11:53 pm, Last Updated: October 1, 2013 at 11:49 pm

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430