21st Jakarta Diabetes Meeting 2012: Manajemen Strategis Terkini dalam Upaya Pengendalian Diabetes di Indonesia

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

21st Jakarta Diabetes Meeting 2012: Manajemen Strategis Terkini dalam Upaya Pengendalian Diabetes di IndonesiaDiabetes merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang besar di seluruh dunia. Pada tahun 2010, World Diabetes Foundation memperkirakan 6,4% populasi dewasa di seluruh dunia hidup dengan diabetes. Angka ini akan terus meningkat hingga mencapai 438 juta pada tahun 2030, atau sekitar 7,8% populasi dewasa.

Seperti yang terjadi di seluruh dunia, penderita diabetes di Indonesia saat ini juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2030, Indonesia diperkirakan akan menempati posisi ke-4 penderita diabetes terbanyak di seluruh dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat. Riskesdas 2007 mencatat, bahwa 6 dari 100 orang dewasa di berbagai kota besar di Indonesia mengidap diabetes. Faktor genetik, gaya hidup, tingkat polusi, dan stres psikososial merupakan penyebab utama terjadinya kelainan ini. Untuk menghindari ledakan ini, dibutuhkan suatu strategi yang tepat dan kerjasama semua pihak, baik dari pemerintah, profesi, dan lembaga terkait.

Jakarta Diabetes Meeting (JDM) merupakan pertemuan ilmiah rutin yang diselenggarakan oleh Divisi Metabolik Endokrin FKUI-RSCM dan Pusat Lipid dan Diabetes Jakarta setiap tahun, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para dokter dalam mengelola diabetes melitus tipe 2 di Indonesia. Pada JDM ke-21 yang diadakan pada tanggal 10-11 November 2012 di Hotel Mercure, Ancol, ini mengusung tema Diabetes Management: Strategy of Treatment and Evaluation to Prevent Further Complications.

“Kami ingin pelaksanaan JDM dari waktu ke waktu menjadi lebih baik. Dalam arti, yang pertama adalah keilmuan, jadi selain aspek klinis, kami juga mengaitkan dengan diabetes molekular,” ujar dr. Tri Juli Edi Tarigan, SpPD, Ketua Umum JDM 2012.

Seperti yang dijanjikan, terdapat beberapa perbedaan pada JDM tahun ini baik dari segi keilmuan maupun kemasan acara. Sebagai bentuk dukungan JDM 2012 terhadap upaya pemerintah mensosialisasikan Seven Wonders dan museum di Jakarta, maka komodo dijadikan sebagai maskot JDM 2012 dan icon museum pun ditampilkan dalam publikasi acara. �Kami berusaha mengemas JDM tahun ini sesantai mungkin, karena belajar kan lebih enak dalam suasana santai. Oleh karena itu, kami menghindari terlalu banyak lecture dalam workshop dan berusaha menampilkan parade kasus. Kami juga menyajikan musik tanjidor tidak hanya pada waktu acara pembukaan, namun juga saat peserta menikmati makan siang,� imbuhnya.

Event JDM 2012 ini diikuti oleh 1000 peserta yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, dan mahasiswa kedokteran dari seluruh Indonesia.

Posted: November 18, 2012 at 2:51 am, Last Updated: September 7, 2016 at 4:31 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430