Liputan Workshop Hands-On Echocardiography

Ditulis oleh: pada tanggal Berita dan Informasi

Liputan Workshop Hands-On EchocardiographyEchocardiography merupakan alat diagnostik non invasif modern dengan prinsip dasar gelombang ultrasound pada frekuensi 1-20 MHz yang dipancarkan melalui echo-transducer sehingga menghasilkan gambaran anatomi jantung, pergerakan katup jantung, dan aliran darah dari jantung, serta lokasi dan luasnya kerusakan jaringan atau pun riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Untuk memastikan agar setiap pasien dapat menikmati fasilitas penunjang kardiovaskuler yang terbaik di RSCM, Poliklinik Divisi Kardiologi menyediakan fasilitas pemeriksaan jantung yang terintegrasi dan komprehensif, baik yang bersifat invasif maupun non invasif. Fasilitas echocardiography telah menjadi salah satu andalan dan keunggulan dari pelayanan poliklinik Divisi Kardiologi RSCM ini sejak sekitar 20 tahun yang lalu.

Dalam upaya mengembangkan serta meningkatkan ilmu pengetahuan dan pelayanan kesehatan kardiovaskular yang menyeluruh di Indonesia, maka dilakukanlah Workshop Hands-on Echocardiography pada tanggal 8 Juni 2013 di hotel Ritz Carlton, yang merupakan bagian dari Simposium Pendekatan Holistik pada Penyakit Kardiovaskular ke 12 tanggal 7-9 Juni 2013(HOPECARDIS 2013).

Acara tersebut terbagi menjadi 2, yaitu sesi kuliah dasar dengan mengundang tiga pembicara, yaitu dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, dr. Ryan Ranitya, Sp.PD – KKV, FINASIM, dr. Lusiani, Sp. PD. Dalam sesi ini, disisipi pula demonstrasi langsung pada orang praktek, sehingga peserta mendapatkan kesempatan pengamatan langsung teknik pengambilan gambar echocardiography.

Dalam sesi selanjutnya, yaitu hands-on, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana 1 kelompok hanya terdiri dari 3 peserta, 1 instruktur, dan 1 unit echocadiography. Ini bertujuan agar peserta dapat mempraktekkan sendiri pemeriksaan echocardiography pada pasien, dan ratio instruktur terhadap peserta yang kecil dapat memudahkan bimbingan peserta dalam melakukan pemeriksaan tersebut.

Peserta terlihat semakin antusias di sesi ini, sehingga waktu yang disediakan dirasakan kurang dan banyak peserta melanjutkan sesi hands-on sampai sore. Pihak panitia menyediakan sertifikat kehadiran, CD kumpulan presentasi pembicara dan pocket card of basic echocardiography sebagai rujukan di kemudian hari.

Selaras dengan tujuan pelaksaannya, workshop tersebut terbuka untuk semua dokter spesialis dan dokter umum yang tertarik untuk mengetahui seluk beluk echocardiography dasar. Banyaknya peserta yang mendaftar, menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan untuk workshop ini cukup tinggi.dan besar harapan para peserta agar acara seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin untuk menentukan diagnosis kelainan jantung secara tepat dan meningkatkan kualitas penanganan penyakit jantung oleh tim medis terkait.

Topics:

Posted: July 24, 2013 at 2:38 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430