Ablasi pada Jantung

Ditulis oleh: pada tanggal Konsultasi Kesehatan Jantung

Apa itu ablasi pada jantung?

22-01-2013
Oleh : Mahdi Lombok

Yth. Bpk Mahdi,
Ablasi memiliki arti “menghancurkan”. Ablasi pada jantung itu adalah suatu tindakan yang digunakan untuk menghancurkan atau “membakar” satu atau beberapa area kecil di jantung Anda yang menjadi sumber timbulnya masalah irama jantung (aritmia).

Tindakan ini menggunakan kateter khusus yang masuk ke dalam ruang jantung melalui pangkal paha, setelah sebelumnya dicari dulu area yang menimbulkan aritmia. Area “bermasalah” tersebut dapat ditandai dengan 3D mapping atau langsung dideteksi dengan sinyal elektroda yang ditempatkan di dalam jantung. Kateter ini kemudian ditempelkan pada area yang diinginkan dengan tujuan untuk menghilangkan penyebab gangguan irama jantung.

Ablasi lain yang bisa dikerjakan selain aritmia yaitu mengecilkan otot jantung yang terlalu besar, yang menyebabkan sumbatan aliran pada pembuluh darah utama (aorta). Tindakan ini biasanya dilakukan pada daerah septal (batas otot jantung antara bilik kanan dan kiri). Ablasi ini dilakukan dengan menggunakan alkohol yang mematikan aliran pembuluh darah koroner yang memberi suplai pada area tersebut.

Tindakan ini memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Salam,

dr. Eka Ginanjar, SpPD, FINASIM

Topics:

Posted: August 1, 2013 at 10:40 pm, Last Updated: August 27, 2013 at 7:47 am

Add a Comment

  • Hubungi Kami
    admin@kardioipdrscm.com
    Telp. +62 (21) 31934636
    Fax.
    +62 (21) 3161467
    Jl. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430